Selasa, 13 Mei 2008

Hati Ibu bak Bunga semerbak...


Aceh adalah stase ku yg berikutnya,telah kulewati. Sebulan bulanlah waktu sebentar tapi kok rasanya cepet banget ya. Begitu banyak kenagan yg menarik dari aceh. Bahasa, kehidupan masyarakatnya dan lain-lain. Klo ada yg udah pernah ke aceh akan merasakan bahasa mereka rata2 hanya punya satu suku kata. Misalnya air --> i, kelapa --> u jika mereka menawarkan air kelapa ngomongnya seperti ini "jib i u" hehehe. Ada yg lebih lucu lagi klo mau buang air kecil mereka bilang "tuh i" (jatuh air=kencing). Ya kan ayo yg dari aceh ngaku aja deh hehehe.
Trus berikutnya mengenai kehidupan mereka. Sekarang sangat berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya ketika masih perseteruan GAM-TNI,mereka punya jam malam. Jadi diatas jam 9-10 malam mereka tidak boleh lagi keluar rumah. dan yg jelas mereka hidup dalam ketakutan,memikirkan bagaimana cara aman untuk hari berikutnya (gitu banget ya,rasanya ga gitu2 kali) tapi sekarang bagi yg udah pernah ke aceh apalagi banda acehnya, jam 12 malam masih banyak yg berlalu lalang dengan motor. Makanya untuk kasus trauma cukup banyak. Kadang aku berpikir ini efek dari ketertutupan dulu hingga mereka begitu euforianya.
Namun dari itu semua di Aceh saya berkenalan dengan seorang ibu, yg punya 2 org anak begitu tetlaten dan sabarnya beliau mengasuh anaknya hmm bahagianya. Namun ada yg terselib kegelisahan dibalik itu. Anak yg kedua umur baru 2 tahun, tp sang Ibu merasakan di beberapa tangan dan tungkainya ada beberapa tonjolan keras yang beliau rasakan. Tapi si anak masih ceria bermain dgn kakak tanpa ada rasa kesakitan. Beliau udah bawa kemana2 termasuk ke Penang yg emang jadi favorit bagi yg berduit. Namun si Ibu tetap minta tolong coba diperiksa anaknya. Sebenarnya beliau udah banyak tau mengenai penyakit anaknya,namun ingin ada pendapat yg lain kali hmmm.
Dari cerita si Ibu aku mulai menduga beberapa masalah. trus aku periksa emang ada beberapa tonjolan di ujung tulang2 si anak,banyak emang. Kukatakan bahwa ini yg dinamakan Multiple Enchondromas atau Ollier Disease seperti posting aku sebelumnya. Bagi yg belum baca silahkan dibuka lagi.
Banyaknya pertanyaan si Ibu, dari apa penyakitnya,efek,prognosisnya, dan emang klo aku jawab saat itu akan menjadi beban berat bagi dia. Skrg mudah2an beliau udah banyak tau dan sabar menghadapinya. (aku merekomendasikan beberapa situs untuk dibuka utk lebih kenal lagi dengan penyakit anaknya)
Tapi dari semua itu aku merasakan bahwa sang Ibulah yg akan punya sense bagaimana anaknya kedepan nanti dengan penyakit seperti itu. Hal2 yg kecil akan terpikirkan. Yah begitu Ibu, 9 bulan mengandung kita emang memberikan efek yg amat besar ama perkembangan anak2nya. Sangat dilaknat 4JJI lah bagi yg menyia2kan anaknya. Silakan komentarnya ya. Terimakasih.

Tidak ada komentar: